Home » » 13 Cara Diet Sehat dan Alami

13 Cara Diet Sehat dan Alami


Mengembangkan kebiasaan makan yang sehat tidak membingungkan atau serumit yang di bayangkan banyak orang. Langkah yang terpenting adalah makan lah makanan yang berasal dari tanaman  atau sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan. Jika anda mengonsumsi makan hewani, makanlah yang seperti ikan, unggas, dan daging tanpa lemak lainnya. Berikut adalah tips untuk diet yang sehat.

1 Makanlah berbagai makanan sehat
Sumber: www.google.com
Tidak semua nutrisi dan zat lain yang berkontribusi pada kesehatan yang baik telah teridentifikasi, jadi berbagai macam makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan semua manfaat kesehatan dari makanan. 

2 Fokus pada makanan yang berserat tinggi
Sumber: www.google.com
Makanan ini terutama seperti sayuran, buah-buahan, polong-polongan, dan biji-bijian harus memasok tubuh sekitar 20 hingga 35 gram serat makanan perhari, tergantung kebutuhan kalori anda. Serat memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga tubuh memiliki lebih sedikit efek pada insulin dan gula darah, dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. Cobalah untuk mengisi tiga perempat piring Anda dengan kacang-kacangan dan biji-bijian dan hanya seperempat piring untuk daging, unggas atau sumber protein lainnya.

3 Makan banyak sayuran
Sumber: www.google.com
Sayuran selain memiliki serat yang banyak juga menutrisi tubuh dan fitokimia dalam sayuran dapat mencegah penyakit kanker dan penyakit lainnya. Seperti gandum yang memiliki banyak serat dihitung sebagai sayuran(meskipun gandum memiliki lebih banyak kalori dari pada jenis sayuran lainnya).

4 Batasi makanan dan minuman manis dan biji-bijian olahan
Sumber: www.google.com
Ini termasuk soda,permen,roti putih, dan banyak makanan ringan serta makanan yang di panggang. Asupan gula tambahan yang tinggi meningkatkan peradangan dan resisten insulin, meningkatkan resiko diabetes, dan penyakit lainnya dan makanan ini bisa membuat berat badan Anda naik.

5 Pilihlah biji-bijian utuh
Sumber: www.google.com
Setidaknya setengah dari biji-bijian utuh harus anda konsumsi seperti gandum atau beras merah. Biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi sehingga baik untuk tubuh. Salah satu cara cara menemukan produk biji-bijian utuh adalah dengan cara mencari produk yang berlabel 100% gandum utuh.

6 Batasi lemak jenuh
Sumber: www.google.com
Lemak jenuh dalam makanan umumya meningkatkan kadar kolestrol dan memiliki efek buruk lainnya. Untuk membatasinya, pilihlah daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk susu tanpa lemak atau rendah lemak. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua lemak jenuh itu buruk, seperti cokelat,susu, dan keju lebih netral pengaruhnya terhadap kolestrol.

7 Mengonsumsi lemak "baik"(tidak jenuh)
Sumber: www.google.com
Lemak tidak jenuh terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, alpukat, dan minyak nabati. Anda harus mengonsumsi makanan berlemak tinggi ini jika ingin diet. Lho kenapa harus makan yang berlemak? Karena lemak yang terdapat pada lemak tidak jenuh ini bagus, sangat cocok untuk program diet. Dengan banyak mengonsumsi  lemak tidak jenuh itu dapat menggantikan makanan berkalori tinggi yang dapat membuat Anda menjadi gemuk. Caranya adalah , misalnya Anda mengganti minyak zaitun anda dengan minyak canola atau mentega.

8 Jangan terlalu khawatir dengan kolestrol yang terdapat pada makanan
Sumber: www.google.com
Pedoman diet terbaru tidak lagi memberikan batas harian untuk kolestrol makanan(sebelumnya 300 mg), karena ada banyak bukti bahwa kolestrol yang terdapat pada makanan(hanya ditemukan dalam makanan berupa hewani). Tapi jangan berlebihan dengan makanan yang kaya kolestrol, karena banyak yang mengandung lemak jenuh tinggi. Dan jika anda memiliki penyakit diabetes sebaiknya anda tanyakan pada dokter apakah anda harus membatasi kolestrol makanan atau tidak.

9 Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung sodium(natrium)
Sumber: www.google.com
Makanan yang mengandung sodium yang tinggi banyak ditemukan di restoran, sodium tinggi dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah dan memiliki beberapa efek buruk lainnya.
Pedoman diet direkomendasikan pada batas 2.300 mg per hari, sedangkan yang memiliki orang yang memiliki penyakit hipertensi dianjurkan 1.500 mg saja per hari. Saat Anda megurangi makanan yang mengandung sodium,anda harus makanan yang mengandung banyak kalium, yang membantu anda juga untuk menurunkan tekanan darah. Makanan yang mengandung kalium seperti,buah jeruk,pisang,kacang-kacangan,alpukat, beberapa ikan, dan susu.

10 Dapatkan vitamin dan mineral dari makanan,bukan dari           pil atau suplemen
Sumber: www.google.com
Suplemen tidak dianjurkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet sehat. Namun, bagi banyak orang yang beranggapan bahwa, pil atau suplemen dapat memberikan maanfaat yang baik,karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Saya rasa bahwa semua itu semua salah karena itu tidak alami, jadi sebaiknya konsumsi saja lah makanan yang alami bukan suplemen. Orang banyak mengonsumsi suplemen karena membutuhkan asam folat, vitamin B12, kalsium, dan vitamin D.

11 Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan             vitamin D
Sumber: www.google.com
Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D dapat mendukung dan menjaga kesehatan tulang Anda. Mengonsumsi susu juga sangat baik karena susu mengandung banyak kalsium, tetapi anda juga dapat memperoleh makanan yang ber kalsium tinggi dari ikan salmon. Anda disarankan mendapat 1.000 sampai 1.200 mg perhari.

12 Kurangi atau bahkan jangan mengonsumsi minuman beralkohol
Sumber: www.google.com
Walaupun alkohol memiliki manfaat untuk jantung, tetapi alkohol memiliki berbagai resiko kesehatan jika diminum dalam jumlah yang berlebihan. Dan tentu alkohol tidak baik untuk program diet sehat.

13 Nikmati makananmu dan bahagialah
Sumber: www.google.com
Dan yang terakhir adalah makanlah makananmu dengan penuh kegembiraan, bagi sebagian orang mungkin makanan adalah tantangan, atau bahkan sumber ketakutan karena itu bisa menaikkan berat badan. Tetapi makanan harus menjadi sukacita karena itu adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa untuk kita dan makanan adalah pusat kehidupan. Pedoman diet terbaru mengatakan bahwa diamana makanan secara sehat apabila kita menikmati makanan tersebut.

Itulah beberapa cara diet sehat, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencobanya.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.

Video Of the Day

Facebook

 
Copyright © 2015 Sharingblok
Distributed By Gooyaabi Templates